Hewan Langka Yang Terancam Punah di tahun 2013

Hallo sobat blogger kali ini saya akan membuat artikel tentang 7 Hewan Langka Yang Terancam Punah di tahun 2013. 


  • Penyu Belimbing
Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) merupakan penyu terbesar di dunia dan merupakan reptil keempat terbesar di dunia setelah tiga jenis buaya. Selain itu penyu ini walaupun berjalan lambat, namun ketika berenang merupakan reptil tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 35 Km perjam. Jenis ini bisa mudah diidentifikasi dari karapaksnya yang berbentuk seperti garis-garis pada buah belimbing. Karapaks ini tidak ditutupi oleh tulang, namun hanya ditutupi oleh kulit dan daging berminyak. Penyu belimbing merupakan satu-satunya anggota famili Dermochelyidae yang masih hidup. Penyu jenis ini diperkirakan akan punah di Tahun 2013, akibat dari kepunahan tersebut ialah perburuan telur, perusakan ekosistem lingkungan, penangkapan komersial.



  • Hiu
Ikan Hiu adalah sekelompok (superordo Selachimorpha) ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap  dan tubuh yang ramping. Mereka bernapas dengan menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh, tergantung pada spesiesnya) di samping, atau dimulai sedikit di belakang, kepalanya. Hiu mempunyai tubuh yang dilapisi kulit dermal denticles untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan, dari parasit, dan untuk menambah dinamika air. Mereka mempunyai beberapa deret gigi yang dapat digantikan.
Hiu mencakup spesies yang berukuran sebesar telapak tangan. Penyebab punahnya yaitu perburuan liar  yang kemudian diolah untuk dijadikan sup sirip hiu oleh orang asia.




  • Burung Sage Grouse

Burung Sage Grouse adalah sekelompok burung dari orde Galliformes. Mereka seringkali dipertimbangkan masuk ke dalam famili Tetraaonidae, meski persatuaan ahli burung Amerika menetapkan Grouse ke dalm famili Phasianidae subfamili Tetraoninae. Grouse menghidupi daerah beriklim sedang dan subarktik di belahan bumi utara, dari hutan pinus hingga moorland dan sisi pegunungan.


  • Burung Dara laut China 

Burung Dara laut China (Sterna bernsteini) merupakan salah satu jenis burung laut yang melakukan migrasi. Burung berukuran 40 sentimeter yang berkembang biak di China itu mengembara dengan menggunakan koridor daratan timur sebagai rute perjalanannya. Wilayah pengembaraannya pernah sampai ke perairan di sekitar Manila, Filipina; Serawak, Malaysia; bahkan Halmahera, Indonesia. Populasinya sangat kritis karena sekarang diperkirakan hanya 2000 ekor individu dewasa,  akibat berkurangnya habitat alaminya itulah yang menyebabkan hewan ini berada di ambang kepunahan.




  • Trenggiling
Trenggiling biasa (Manis javanica syn. Paramanis javanica) adalah wakil dari ordo Pholidota yang masih ditemukan di Asia Tenggara. Hewan ini memakan serangga dan terutama semut dan rayap. Trenggiling hidup di hutan hujan tropis dataran rendah. Trenggiling kadang juga dikenal sebagai anteater.
Bentuk tubuhnya memanjang, dengan lidah yang dapat dijulurkan hingga sepertiga panjang tubuhnya untuk mencari semut di sarangnya. Rambutnya termodifikasi menjadi semacam sisik besar yang tersusun membentuk perisai berlapis sebagai alat perlindungan diri. Jika diganggu, trenggiling akan menggulungkan badannya seperti bola. Ia dapat pula mengebatkan ekornya, sehingga "sisik"nya dapat melukai kulit pengganggunya.
Trenggiling terancam keberadaannya akibat habitatnya terganggu serta menjadi obyek perdagangan hewan liar. Perburuan liar besar besaran juga menjadi penyebab kepunahan hewan tersebut

  • Katak Gastric Brooding

Katak Gastric Brooding adalah  genus katak tanah yang berhabitat asli Queensland di Australia timur. Penyebab kepunahan belum diketahui secara pasti, tetapi hilangnya habitat dan degradasi, polusi, dan beberapa penyakit mungkin telah berkontribusi.

  • Golden Cat 
Golden Cat atau kucing emas merupakan hewan yang berhabitat di Asia dan Afrika. kucing jenis ini sudah jarang kita jumpai karena mereka punah bersamaan dengan punahnya hutan habitat mereka dimana mereka tinggal dan berkembang biak. Sesuai dengan namanya yang menampakkan keindahan, kucing ini memiliki bulu halus yang berwarna keemasan.

oke sobat inilah hewan hewan yang terancam punah pada tahun 2013. semoga artikel ini bermanfaaat, salam blogger :D

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Random dengan judul Hewan Langka Yang Terancam Punah di tahun 2013. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://yoviadyuta.blogspot.com/2013/04/7-hewan-langka-yang-terancam-punah-di.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: yovi adyuta - Friday, 12 April 2013

Belum ada komentar untuk "Hewan Langka Yang Terancam Punah di tahun 2013"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di ^LAROS βLOG^, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.