Indonesia Akan Membangun fasilitas Desain Kapal Perang

Indonesia akan segera mendirikan fasilitas desain kapal perang di Surabaya. Lokasinya sangat mungkin akan bertempat di salah satu perguruan tinggi negeri di kota yang menjadi basis utama kekuatan laut Indonesia. Tujuan dari pendirian fasilitas itu adalah untuk menjadi pusat desain kapal perang bagi Indonesia, apapun jenis kapal perang itu. Pusat desain tersebut nantinya akan menyerahkan hasil desain kepada galangan kapal yang diserahi oleh pemerintah untuk membangun suatu kelas kapal perang.

Eksistensi pusat desain kapal perang memang suatu keharusan bagi Indonesia. Selama ini desain kapal perang sepenuhnya diserahkan kepada produsen kapal perang berdasarkan spesifikasi teknis yang ditetapkan oleh pengguna akhir. Namun demikian, ada hal yang harus diperhatikan dengan pembangunan fasilitas tersebut.

Galangan kapal perang seperti PT PAL Indonesia mempunyai pusat desain sendiri, di mana salah satunya adalah mendesain kapal perang yang akan dibangun oleh galangan itu. Agar tidak memunculkan tumpang tindih, sebaiknya harus ada sinergi antara pusat desain milik galangan kapal dengan pusat desain kapal perang yang dimiliki atau di bawah pengawasan Departemen Pertahanan.

Selain itu, keberadaan fasilitas desain kapal perang harus pula mampu mengembangkan filosofi kapal perang Indonesia. Hal itu bersifat sangat penting karena filosofi itulah yang akan menentukan desain kapal perang. Selama ini tak jelas filosofi kapal perang yang dianut oleh Indonesia.

Tujuan dari pendirian fasilitas itu adalah untuk menjadi pusat desain kapal perang bagi Indonesia
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Militer dengan judul Indonesia Akan Membangun fasilitas Desain Kapal Perang. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://yoviadyuta.blogspot.com/2014/04/indonesia-akan-membangun-fasilitas.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: yovi adyuta - Minggu, 27 April 2014

1 Komentar untuk "Indonesia Akan Membangun fasilitas Desain Kapal Perang"

  1. dengan bisa mendesain saja negara lain akan mundur lihat kita

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di ^LAROS βLOG^, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.